Minggu, 19 Februari 2012

ISTILAH PADA MS OFFICE



TUGAS II
APLIKASI KOMPUTER
ISTILAH-ISTILAH PADA MS OFFICE




OLEH
SUCI FAJRINA
12613 / 2009
PENDIDIKAN BIOLOGI





JURUSAN BIOLOGI
FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS NEGERI PADANG
2012

Istilah yang berkenaan dengan MS Office

1.      Cell : merupakan bagian terkecil dari worksheet yng dapat diisi dengan jumlah karakter (max. 255 karakter) isi cell dapat berupa value, formula atau text. Contoh : cell A3, cell D5
2.      Worksheet (lembar Kerja) : merupakan kumpulan dari 256 kolom dan 65536 baris.
3.      Workbook (buku kerja) : merupakan kumpulan dari 256 worksheet (berlabel sheet1 sampai sheet 256)
4.      Range : merupakan sekelompok cell yang akan mendapataksi sama sesuai perintah yang anda jalankan. Pemberian alamat/ address dilakukan mulai dari cell sudut kiri atas sampai cell sudut kanan bawah. Contoh : A4:D6 → range mulai dari cell A4 sampai cell D6
5.      Alamat Relatif : merupakan alamat yang jika dituliskan kedalam bentuk rumus atau fungsi akan berubah jika dicopy ke cell lain.
Contoh : cell berisi formula A5*6 ,B3 dicopy ke C5 formula pada C5 berubah menjadi B8*6
6.      Alamat Semi Absolut : merupakan alamat yang dituliskan dengan tanda $ didepan baris atau kolomsehingga nilai tidak akan berubah.
Contoh : Cell B1 berisi formula $A1*7,B1 dicopy kan ke D5 formula pada D5 menjadi $A5*7
7.      Alamat Absolut : merupakan alamat yang dituliskan dengan tanda $ didepan baris dan kolom.tekan tombol F4 untuk menghasilkan alamat absolut pada formula bar. Contoh : cell B1 berisi formula $A$1&5,B1 dicopy kan ke C3 formula pada C3 menjadi $A$1*5
8.      Name Box : menunjukkan pada cell/ range yang aktif saat itu. Anda dapat juga membuat nama range melalui kotak nama disebelah kiri formula bar.
Contoh : Holla nama lain range A5:G7
9.      Relationship Merupakan Fitur access yang berfungsi untuk menghubungkan dua atau lebih table yang berbeda seungga terdapat ubungan yang saling keterkaitan.
10.  Primary Key Berfungsi sebagai penguncian data,agar tidak terjadi penginputan data yang sama

11.  Lookup berfungsi menampilkan pilihan dropdown pada field
12.  InputMask,berfunsi menampilkan validasi data untuk menentukan bentuk pemasukan data sesuai dengan spesifikasi yabg di inginkan
13.  Default ,fasilitas untuk menampilkan nilai awal.
Validation Rule, fasilitas untuk membatasi dan melindungi pengimputan data dalam sebuah field sesuai dengan criteria yang ditentukan
14.  Validation Text adalah fungsi yang dapat menampilkan sebuah pesan pada saat terjadi kesalahan penginputan
15.  Page Setup, terdapat  tombol untuk mengatur orientasi dari slide, apakah
anda akan menggunakan orientasi portrait atau landscape.
16.  Themes, Anda bisa menggunakan pilihan desain yang sudah disiapkan oleh
Ms. PowerPoint 2007untuk slide Anda.
17.  Background, untuk memperindah slide yang Anda buat, anda bisa menata
latar belakang slide Anda dengan menggunakan menu pada toolgroup ini.
18.  Start Slide Show, untuk menentukan dari mana slide Anda dijalankan
apakah dari awal (from beginning) atau dari slide yang sedang aktif (from
current slide show) atau pilihan Anda sendiri (custom slide show).
19.  Set Up, pada tool group ini terdapat tombol yang bisa digunakan untuk
menyembunyikan slide (hide slide), merekam narasi (record narration) dan
menentukan urutan slide (rehearse timings) yang akan ditampilkan.
20.  Monitors, Anda bisa mengatur resolusi dari slide presentasi Anda pada too
group ini.


Key control keybord dalam MS word
  • CTRL + A : Fungsi memblok keseluruhan teks
  • CTRL + B : Fungsi menebalkan teks
  • CTRL + C  : Fungsi meng Copy teks
  • CTRL + D : Fungsi membuka menu/kotak dialog Font
  • CTRL + E : Fungsi rata tengah teks
  • CTRL + F : Fungsi membuka menu/kotak dialog Find and Replace
  • CTRL + G : Fungsi membuka menu/kotak dialog Find and Replace
  • CTRL + H : Fungsi membuka menu/kotak dialog Find and Replace (tab Replace)
  • CTRL + I : Fungsi membuat teks menjadi miring
  • CTRL + J : Fungsi rata kanan & kiri pada teks
  • CTRL + K : Fungsi membuka menu/kotak dialog Insert Hyperlink
  • CTRL + L : Fungsi rata kiri pada teks
  • CTRL + M : Fungsi menggeser First Line Indent dan Left Tab pada mistar dokumen
  • CTRL + N : Fungsi membuka dokumen baru
  • CTRL + O : Fungsi membuka menu/kotak dialog Open
  • CTRL + P : Fungsi membuka menu/kotak dialog Print
  • CTRL + Q : Fungsi menghilangkan nomor urut
  • CTRL + R : Fungsi membuat teks menjadi rata kanan
  • CTRL + S : Fungsi menyimpan dokumen
  • CTRL + T : Fungsi menggeser Left Tab pada mistar dokumen
  • CTRL + U : Fungsi menggarisbawahi teks
  • CTRL + V : Fungsi menampilkan hasil teks yang sudah di Copy
  • CTRL + W : Fungsi menyimpan dan langsung menutup program ms. Office yang di pakai
  • CTRL + X : Fungsi menghapus teks (teks terlebih dahulu di blok)
  • CTRL + Y : Fungsi mengulang/meneruskan kembali aktivitas yang dibatalkan
  • CTRL + Z : Fungsi membatalkan aktivitas terakhir

Fungsi MS Word
Sebagaimana yang kita ketahui, MS WORD dipergunakan untuk membantu pembuatan dokumen berupa laporan ataupun makalah. Namun, adakalanya kita lupa memanfaatkan berbagai fasilitas yang ada dalam  MS WORD, padahal dengan memanfaatkan fasilitas tersebut dapat membantu mempercepat pembuatan dokumen. Berbagai fasilitas yang ada dalam MS WORD:
  1. Jenis huruf
Agar dokumen yang dihasilkan tidak terlalu banyak mengalami editing dalam masalah “font”, sebaiknya tentukan dulu default font yang akan dipergunakan. (Menu Home+ Font)
  1. Pembuatan Numbering
Biasanya, pembuatan suatu dokumen mengacu kepada peraturan tertentu dalam pembuatan dokumen (misal Bab I Pendahuluan, Bab II Tinjauan Pustaka). Oleh karena itu, harus didefinisikan terlebih dahulu mengenai numbering yang sesuai dengan peraturan pembuatan suatu dokumen.
  1. Pembuatan Outline
Biasakan bekerja dengan dokumen view berupa Outline. (Menu View + Document Views + Outline). Hal ini akan memudahkan kita untuk membuat poin-poin penting yang akan dituangkan dalam dokumen. Pembuatan dokumen dalam bentuk outline, minimal sampai dengan level 3. Ada kalanya pada saat perpindahan dari level 1 ke level 2 kita diharuskan untuk mengubah list level (Menu home+ Multiple List+Change List Level)
  1. Pemakaian Break Section
Biasanya dalam suatu dokumen  terdapat perbedaan jenis penomoran halaman untuk tiap section (misalnya : halaman sampul biasanya tidak ada nomor halaman, Kata Pengantar & Daftar Isi & Daftar Tabel diberi nomor halaman jenis “i, ii, iii,…” ,  Bab I dst diberi nomor jenis “1,2,3…”) Oleh karena itu untuk setiap pergantian jenis halaman tersebut diberikan break section. ( Menu Page Layout +Break +Next Page).
  1. Penomoran Halaman
Seperti yang telah disebut pada poin 4, maka penomoran halaman akan menggunakan fasilitas break section. Setiap section diberi nomor halaman seperti yang dikehendaki ( Menu insert + Page Number + Format Page Number + Page numbering + start at  … kemudian pilih letak nomor halaman bottom atau top of page) khusus halaman sampul, biasanya tidak ada nomor halaman, oleh karena itu header/footer nya perlu diedit (Menu insert + header/footer + edit header/footer + Design + pilih different first page)
  1. Pembuatan Daftar Tabel
Tabel/Gambar/Bagan yang dibuat diusahakan diberi caption yang terdiri dari judul bab dan nomor gambar. (Menu References + insert Caption… pada option pilih label yang diinginkan, hilangkan tanda centang pada exclude label from caption). Untuk pembuatan daftar tabel/gambar/bagan maka pilih menu references + insert table of figures) maka daftar tabel dapat muncul secara otomatis. Apabila ada perubahan posisi halaman pada tabel/gambar/bagan, maka daftar tabel tinggal diklik kanan pilih update field.
  1. Pembuatan Daftar Isi
Pembuatan daftar isi secara otomatis adalah dengan memilih references + table of contents. Apabila ada perubahan dalam letak halaman maka daftar isi tinggal di update (sama seperti update daftar tabel)
  1. Editing dengan Document Map
Agar editing yang dilakukan dapat dilakukan dengan cepat maka dapat memanfaatkan fasilitas document map (Menu View + document map). Dengan fasilitas ini, perpindahan halaman yang akan diedit dapat berlangsung lebih cepat)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar