TUGAS II
APLIKASI KOMPUTER
ISTILAH-ISTILAH PADA MS OFFICE
OLEH
SUCI FAJRINA
12613 / 2009
PENDIDIKAN BIOLOGI
JURUSAN BIOLOGI
FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU
PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS NEGERI PADANG
2012
Istilah yang berkenaan dengan MS
Office
1.
Cell : merupakan bagian terkecil
dari worksheet yng dapat diisi dengan jumlah karakter (max. 255 karakter) isi
cell dapat berupa value, formula atau text. Contoh : cell A3, cell D5
2.
Worksheet (lembar Kerja) :
merupakan kumpulan dari 256 kolom dan 65536 baris.
3.
Workbook (buku kerja) : merupakan
kumpulan dari 256 worksheet (berlabel sheet1 sampai sheet 256)
4.
Range : merupakan sekelompok cell
yang akan mendapataksi sama sesuai perintah yang anda jalankan. Pemberian
alamat/ address dilakukan mulai dari cell sudut kiri atas sampai cell sudut
kanan bawah. Contoh : A4:D6 → range mulai dari cell A4 sampai cell D6
5.
Alamat Relatif : merupakan alamat
yang jika dituliskan kedalam bentuk rumus atau fungsi akan berubah jika dicopy
ke cell lain.
Contoh : cell berisi formula A5*6 ,B3 dicopy ke C5 formula pada C5 berubah menjadi B8*6
Contoh : cell berisi formula A5*6 ,B3 dicopy ke C5 formula pada C5 berubah menjadi B8*6
6.
Alamat Semi Absolut : merupakan
alamat yang dituliskan dengan tanda $ didepan baris atau kolomsehingga nilai
tidak akan berubah.
Contoh : Cell B1 berisi formula $A1*7,B1 dicopy kan ke D5 formula pada D5 menjadi $A5*7
Contoh : Cell B1 berisi formula $A1*7,B1 dicopy kan ke D5 formula pada D5 menjadi $A5*7
7.
Alamat Absolut : merupakan alamat
yang dituliskan dengan tanda $ didepan baris dan kolom.tekan tombol F4 untuk
menghasilkan alamat absolut pada formula bar. Contoh : cell B1 berisi formula
$A$1&5,B1 dicopy kan ke C3 formula pada C3 menjadi $A$1*5
8.
Name Box : menunjukkan pada cell/
range yang aktif saat itu. Anda dapat juga membuat nama range melalui kotak
nama disebelah kiri formula bar.
Contoh : Holla nama lain range A5:G7
Contoh : Holla nama lain range A5:G7
9.
Relationship
Merupakan Fitur access yang berfungsi untuk menghubungkan dua atau lebih table
yang berbeda seungga terdapat ubungan yang saling keterkaitan.
10. Primary Key Berfungsi sebagai
penguncian data,agar tidak terjadi penginputan data yang sama
11. Lookup berfungsi menampilkan pilihan
dropdown pada field
12. InputMask,berfunsi menampilkan validasi
data untuk menentukan bentuk pemasukan data sesuai dengan spesifikasi yabg di
inginkan
13. Default ,fasilitas
untuk menampilkan nilai awal.
Validation Rule, fasilitas untuk membatasi dan melindungi pengimputan data dalam sebuah field sesuai dengan criteria yang ditentukan
Validation Rule, fasilitas untuk membatasi dan melindungi pengimputan data dalam sebuah field sesuai dengan criteria yang ditentukan
14. Validation Text adalah
fungsi yang dapat menampilkan sebuah pesan pada saat terjadi kesalahan
penginputan
15. Page Setup, terdapat
tombol untuk mengatur orientasi dari slide, apakah
anda akan menggunakan orientasi portrait atau landscape.
16. Themes, Anda bisa menggunakan pilihan desain yang sudah
disiapkan oleh
Ms. PowerPoint 2007untuk slide Anda.
17. Background, untuk memperindah slide yang Anda buat, anda
bisa menata
latar belakang slide Anda dengan menggunakan menu pada
toolgroup ini.
18. Start Slide Show, untuk menentukan dari mana slide Anda
dijalankan
apakah dari awal (from beginning) atau dari slide yang
sedang aktif (from
current slide show) atau pilihan Anda sendiri (custom
slide show).
19. Set Up, pada tool group ini terdapat tombol yang bisa
digunakan untuk
menyembunyikan slide (hide slide), merekam narasi (record
narration) dan
menentukan urutan slide (rehearse timings) yang akan
ditampilkan.
20. Monitors, Anda bisa mengatur resolusi dari slide
presentasi Anda pada too
group ini.
Key
control keybord dalam MS word
- CTRL + A : Fungsi memblok keseluruhan teks
- CTRL + B : Fungsi menebalkan teks
- CTRL + C : Fungsi meng Copy teks
- CTRL + D : Fungsi membuka menu/kotak dialog Font
- CTRL + E : Fungsi rata tengah teks
- CTRL + F : Fungsi membuka menu/kotak dialog Find and Replace
- CTRL + G : Fungsi membuka menu/kotak dialog Find and Replace
- CTRL + H : Fungsi membuka menu/kotak dialog Find and Replace (tab Replace)
- CTRL + I : Fungsi membuat teks menjadi miring
- CTRL + J : Fungsi rata kanan & kiri pada teks
- CTRL + K : Fungsi membuka menu/kotak dialog Insert Hyperlink
- CTRL + L : Fungsi rata kiri pada teks
- CTRL + M : Fungsi menggeser First Line Indent dan Left Tab pada mistar dokumen
- CTRL + N : Fungsi membuka dokumen baru
- CTRL + O : Fungsi membuka menu/kotak dialog Open
- CTRL + P : Fungsi membuka menu/kotak dialog Print
- CTRL + Q : Fungsi menghilangkan nomor urut
- CTRL + R : Fungsi membuat teks menjadi rata kanan
- CTRL + S : Fungsi menyimpan dokumen
- CTRL + T : Fungsi menggeser Left Tab pada mistar dokumen
- CTRL + U : Fungsi menggarisbawahi teks
- CTRL + V : Fungsi menampilkan hasil teks yang sudah di Copy
- CTRL + W : Fungsi menyimpan dan langsung menutup program ms. Office yang di pakai
- CTRL + X : Fungsi menghapus teks (teks terlebih dahulu di blok)
- CTRL + Y : Fungsi mengulang/meneruskan kembali aktivitas yang dibatalkan
- CTRL + Z : Fungsi membatalkan aktivitas terakhir
Fungsi MS Word
Sebagaimana yang kita ketahui, MS WORD dipergunakan
untuk membantu pembuatan dokumen berupa laporan ataupun makalah. Namun,
adakalanya kita lupa memanfaatkan berbagai fasilitas yang ada dalam MS
WORD, padahal dengan memanfaatkan fasilitas tersebut dapat membantu mempercepat
pembuatan dokumen. Berbagai fasilitas
yang ada dalam MS WORD:
- Jenis huruf
Agar dokumen yang dihasilkan tidak terlalu banyak
mengalami editing dalam masalah “font”, sebaiknya tentukan dulu default font
yang akan dipergunakan. (Menu Home+ Font)
- Pembuatan Numbering
Biasanya, pembuatan suatu dokumen mengacu kepada
peraturan tertentu dalam pembuatan dokumen (misal Bab I Pendahuluan, Bab II
Tinjauan Pustaka). Oleh karena itu, harus didefinisikan terlebih dahulu
mengenai numbering yang sesuai dengan peraturan pembuatan suatu dokumen.
- Pembuatan Outline
Biasakan bekerja dengan dokumen view berupa Outline.
(Menu View + Document Views + Outline). Hal ini akan memudahkan kita untuk
membuat poin-poin penting yang akan dituangkan dalam dokumen. Pembuatan dokumen
dalam bentuk outline, minimal sampai dengan level 3. Ada kalanya pada saat
perpindahan dari level 1 ke level 2 kita diharuskan untuk mengubah list level
(Menu home+ Multiple List+Change List Level)
- Pemakaian Break Section
Biasanya dalam suatu dokumen terdapat perbedaan
jenis penomoran halaman untuk tiap section (misalnya : halaman sampul biasanya
tidak ada nomor halaman, Kata Pengantar & Daftar Isi & Daftar Tabel
diberi nomor halaman jenis “i, ii, iii,…” , Bab I dst diberi nomor jenis
“1,2,3…”) Oleh karena itu untuk setiap pergantian jenis halaman tersebut
diberikan break section. ( Menu Page Layout +Break +Next Page).
- Penomoran Halaman
Seperti yang telah disebut pada poin 4, maka penomoran
halaman akan menggunakan fasilitas break section. Setiap section diberi nomor
halaman seperti yang dikehendaki ( Menu insert + Page Number + Format Page
Number + Page numbering + start at … kemudian pilih letak nomor halaman
bottom atau top of page) khusus halaman sampul, biasanya tidak ada nomor
halaman, oleh karena itu header/footer nya perlu diedit (Menu insert +
header/footer + edit header/footer + Design + pilih different first page)
- Pembuatan Daftar Tabel
Tabel/Gambar/Bagan yang dibuat diusahakan diberi
caption yang terdiri dari judul bab dan nomor gambar. (Menu References + insert
Caption… pada option pilih label yang diinginkan, hilangkan tanda centang pada
exclude label from caption). Untuk pembuatan daftar tabel/gambar/bagan maka
pilih menu references + insert table of figures) maka daftar tabel dapat muncul
secara otomatis. Apabila ada perubahan posisi halaman pada tabel/gambar/bagan,
maka daftar tabel tinggal diklik kanan pilih update field.
- Pembuatan Daftar Isi
Pembuatan daftar isi secara otomatis adalah dengan
memilih references + table of contents. Apabila ada perubahan dalam letak
halaman maka daftar isi tinggal di update (sama seperti update daftar tabel)
- Editing dengan Document Map
Agar editing yang dilakukan dapat dilakukan dengan
cepat maka dapat memanfaatkan fasilitas document map (Menu View + document
map). Dengan fasilitas ini, perpindahan halaman yang akan diedit dapat
berlangsung lebih cepat)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar